Minggu, 01 Agustus 2010

Rame-rame menghias ruang kelas




Teman-teman dari "negara ketjil 7.1" punya hajat menghias ruang kelas. Pada hari yang disepakati,mereka mulai merancang dan membuat apa yang harus dikerjakan untuk hiasan kelasnya. Ada yang membuat untaian kata mutiara, puisi, menempel foto, membuat figura atau ada yang sekadar gantungan dari bahan kertas.

Harapan dari aktivitas mereka adalah bahwa dengan menghias kelas, mereka akan betah berlama-lama di dalam kelas sambil menyerap berbagai pengetahuan dari guru-guru mereka. Kelas yang bewarna-warni menandakan ada sesuatu yang hidup di kelas mereka, setidaknya hidup secara warna.
Harapan lainnya adalah semoga ruang kelas yang warna-warni ini juga diimbangi oleh cara mengajar guru-guru mereka dengan lebih mengedepankan kegiatan belajar yang aktif, inovatif,kreatif, bukan melulu dengan cara verbal (one way).
Ternyata mengelola kelas cukup asyik, hampir setiap hari kita bisa melihat ada saja perekembangan yang terjadi di kelas. Perkembangan-perkembangan ini adalah semacam laboratorium pendidikan buat evaluasi berikutnya.